Halaman

Rabu

BUDAYA MELAYU RIAU TINGKAT SMA/SEDERAJAT

KURIKULUM MUATAN LOKAL
BUDAYA MELAYU RIAU
TINGKAT SMA/SEDERAJAT


Disusun Oleh:

TIM PENYUSUN KURIKULUM
MUATAN LOKAL BUDAYA MELAYU RIAU
Kata pengantar
            Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayahNya, sehingga Provinsi Riau khususnya telah memiliki Pedoman penyelenggaraan pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu sebagaimana yang diamanatkan UU No. 20 Tahun 2003. Yang menjadi acuan dasar oleh setiap penyelenggara dan satuan pendidikan yang antara lain meliputi kriteria minimal berbagai aspek yang terkait dengan penyelengaraan pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal agar dapat meningkatkan pembelajaran yang bermutu.
            Berdasarkan Peaturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republiik Indonesia. Standar tersebut meliputi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kepndidikan, Standar Saraana dan Prasarana, Standar Peengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan. Selanjutnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah  sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran di setiap tingkat dan jenjang prndidkan dasar dan menengah. Mata Pelajaran Muatan Lokal yang menjadi bagian dari kurikulum perlu dikembangkan agar dapat menjadi kekuatan dalam mengembangkan ciri khas kearifan lokal dan potensi sumber daya daerah khususnya Provinsi Riau.
            Kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya dalam penyusunan Standar Isi, Standar kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau ini, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dnas Pendidikan menyampakan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga panduan ini  dapat digunakan sebagai acuan guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.
                                     Pekanbaru,   3 Mei 2010
                          Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau




                            



DAFTAR ISI

Kata Pengantar 
Daftar Isi 
A. Latar Belakang 
B. Tujuan 
C. Ruang Lingkup 

A.       Latar Belakang

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 37 menyatakan kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat Muatan Lokal. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyatakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) selain memuat beberapa mata pelajaran, juga terdapat mata pelajaran Muatan Lokal yang wajib diberikan pada semua tingkat satuan pendidikan.
Sesuai dengan Visi dan Misi Riau 2020, yakni Riau  sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan Melayu di Asia Tenggara. Dinas Pendidikan Provinsi Riau memandang perlu memasukkan budaya Melayu Riau menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah, terutama pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Muatan lokal budaya Melayu Riau  merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas daerah termasuk keunggulan daerah yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Hal ini sangat penting agar budaya Melayu Riau dapat dikenal, dipahami dan dijadikan  sebagai karakteristik dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi masyarakat Riau.
Budaya Melayu Riau memiliki bentuk yang beranekaragam, sesuai dengan letak geografis daerah masing-masing. Ruang lingkup yang ada dalam kebudayaan Melayu Riau tersebut  mencerminkan watak dan kepribadian  kehidupam masyarakat Riau pada umumnya.
Agar dapat menerapkan dan melaksanakan pembelajaran muatan lokal budaya Melayu Riau di sekolah,  maka perlu disusun tujuan, ruang lingkup, standar kompetensi dan kompetensi dasar muatan lokal budaya Melayu Riau. Hal ini dapat digunakan sebagai  pedoman bagi guru-guru muatan lokal budaya Melayu Riau  untuk menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar  (pemetaan standar isi), pengembangan  silabus dan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)  sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.

B.   Tujuan
Mata pelajaran muatan lokal budaya Melayu Riau   bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya daerah Riau.
2.      Mememiliki bekal kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai Budaya Melayu Riau  yang berguna bagi dirinya dan masyarakat pada umumnya.
3.      Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan-aturan yang berlaku, serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya daerah Riau.
4.      Berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat dan pemerintah daerah Riau .
C.   Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran muatan lokal  budaya Melayu Riau SMA/MA dan SMK  meliputi aspek-aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap  sebagai berikut:
1.      Sejarah peradaban kebudayaan Melayu Riau, asal muasal nama daerah/ kerajaan Melayu Riau, falsafah adap Melayu Riau, nilai-nilai adap Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari, struktur tugas dan fungsi kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau, ragam adat Melayu Riau, anugerah kebudayaan Melayu Riau, perkembangan bahasa   Melayu Riau (kuno/klasik, modern, bahasa Melayu Riau menjadi bahasa resmi negara,  ragam dialek bahasa Melayu Riau, bahasa Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari (berdasarkan daerah setempat) dan karya sastra Melayu Riau
2.      Ragam seni  Melayu Riau,  jenis musik Melayu Riau, keragaman musik Melayu Riau, seni tari Melayu Riau, sikap apresiatif terhadap seni tari tradisi, mengekspresikan diri melalui gerak seni tari, keragaman tentang teater Melayu Riau, seni rupa Melayu Riau, keragaman letak daerah arsitektur Melayu Riau, dan keragaman bentuk arsitektur Melayu Riau, peralatan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Melayu Riau, peralatan upacara adat Melayu Riau   peralatan transportasi masyarakat Melayu Riau, teknologi  peralatan perang   ( senjata), bentuk-bentuk pakaian Melayu Riau ,jenis-jenis pakaian Melayu Riau, makna filosofis yang terkandung dalam pakaian Melayu Riau , tatacara mengenakan pakaian Melayu Riau, keragaman  mata pencarian masyarakat Riau, tata cara bercocok tanam dalam masyarakat   Melayu Riau, tata cara upacara/ritual dalam bercocok tanam di masyarakat Melayu Riau, tradisi nelayan masyrakat Melayu Riau, tata cara berburu dalam masyarakat Melayu Riau, tradisi berdagang dalam masyarakat Melayu Riau.
3.      Makanan dan minuman tradisional Melayu Riau daerah setempat
D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
KELAS X/ SEMESTER 1
No
STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
1
Memahami sejarah kebudayaan Melayu Riau  dan asal muasal nama daerah / kerajaaan Melayu Riau

1.1.        Memahami  sejarah peradapan kebudayaan Melayu Riau
1.2.        Mengetahui  asal muasal nama daerah / kerajaan Melayu Riau

Memahami dan menerapkan adab dalam kebudayaan Melayu Riau
2.1.      Memahami philosophy adap Melayu Riau
2.2.      Menerapkan nilai-nilai adap Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari
3
Memahami sistem kemasyarakatan  dalam kebudayaan Melayu Riau


3.1.      Memahami struktur kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau
3.2.      Memahami tugas struktur kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau.
3.3.      Memahami fungsi struktur kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau

4
Memahami adat  Melayu Riau dan anugrah kebudayaannya


 4.1.   Memahami ragam adat Melayu Riau
4.2.    Mensimulasikan ragam  adat Melayu Riau
4.3.   Memahami anugerah kebudayaan Melayu Riau
KELAS X /SEMESTER 2
5
Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau .

5.1. Memahami perkembangan bahasa   Melayu Riau (kuno / klasik, modern)
5.2. Memahami bahasa Melayu Riau menjadi bahasa resmi negara
5.3. Memahami ragam dialek bahasa Melayu Riau
5.4. Menerapkan bahasa Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari (berdasarkan daerah setempat)


6
Mengapreasiasi  karya sastra Melayu Riau  .



6.1. Menyimak pembacaan karya sastra Melayu Riau
6.2. Memahami karya sastra Melayu Riau
6.3. Menulis  karya sastra Melayu Riau
6.4. Mendemontrasikan karya sastra Melayu Riau



KELAS XI/SEMESTER 1
7
Menggali  ragam seni  Melayu Riau .



7.1.      Mengidentifikasikan seni rupa masyarakat Melayu Riau
7.2.      Merancang seni rupa masyarakat Melayu Riau
7.3.      Mengidentifikasikan seni pertunjukan masyarakat Melayu Riau
7.4.      Merancang dan mengkreasikan seni pertunjukan masyarakat Melayu Riau
7.5.      Mendemontrasikan seni pertunjukan  masyarakat Melayu Riau
8
Memahami  peralatan Melayu Riau



8.1.         Mendeskripsikan peralatan mata pencaharian masyarakat Melayu Riau
8.2.         Memahami peralatan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Melayu Riau
8.3.         Mendeskripsikan  peralatan upacara adat Melayu Riau
8.4.         Memahami   peralatan transportasi masyarakat Melayu Riau
8.5.         Mendeskripsikan teknologi  peralatan perang ( senjata)
KELAS XI/ SEMESTER 2
9
Memahami pakaian Melayu Riau
9.1.    Memahami bentuk-bentuk pakaian Melayu Riau
9.2.    Mengidentifikasi jenis-jenis pakaian Melayu Riau
9.3.    Memahami makna filosofis yang terkandung dalam pakaian Melayu Riau
9.4.    Memahami tatacara mengenakan pakaian Melayu Riau
10
Memahami dan mempraktekkan permainan rakyat Melayu Riau  .

10.1.Memahami   permainan rakyat Melayu Riau
10.2.Mempraktekkan permainan rakyat  Melayu Riau
11
Memahami dan mendemonstrasikan tradisi sistem pencarian masyarakat Melayu Riau.




11.1.  Memahami  keragaman  mata pencarian masyarakat Riau.
11.2.  Memahami  tata cara bercocok tanam dalam masyarakat Melayu Riau.
11.3   Mendemonstrasikan tata cara upacara/ritual dalam bercocok tanam di masyarakat Melayu Riau.
11.4.  Memahami  tradisi nelayan masyrakat Melayu Riau.
11.5.  Memahami tata cara berburu dalam masyarakat Melayu Riau.
11.6.   Memahami tradisi berdagang dalam masyarakat Melayu Riau.
KELAS XII/ SEMESTER 1 DAN 2
12
Memahami dan mempraktekkan  juadah tradisional Melayu Riau .

12.1.  Memahami makanan dan minuman tradisional Melayu Riau daerah setempat
12.2.  Mempraktekkan makanan dan minuman tradisional Melayu Riau daerah setempat.
12.3.  Menyajikan makanan dan minuman tradisional Melayu Riau setempat



 Contoh
PEMETAAN STANDAR ISI

Nama Sekolah           : SMA
Mata Pelajaran          : Muatan Lokal Budaya Melayu Riau


Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

THP

Indikator

THP

Materi Pokok
Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

1
2
3
5. Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau


















5.1. Memahami perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno –klasik-modern)






C2



















Menyebutkan asal-usul bahasa Melayu Riau

Menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik - Modern )

Mencontohkan ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi






C1


C2




C2













Perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno / klasik, modern)


V

10 Menit


60 Menit




10 Menit














NAMA SEKOLAH               : SMA/MA/SMK.........
MATA PELAJARAN            : MUATAN LOKAL BUDAYA MELAYU RIAU
SEMESTER                            : GENAP
KELAS                                   : XI (SEBELAS)
JUMLAH PERTEMUAN      : 2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI   :   5. Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau
KOMPETENSI DASAR      :   5.1. Memahami dan mempraktekan perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno /klasik - modern)
INDIKATOR                        :
1. Menyebutkan asal-usul bahasa Melayu Riau

2. Menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik- Modern )

3. Mencontohkan ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Melalui studi literature dan diskusi kelompok  peserta didik dapat menyebutkan asal usul bahasa Melayu Riau
2.      Melaui diskusi kelas peserta didik dapat menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau ( kono/klasik- modern)
3.      Melalui diskusi kelas peserta didik dapat mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek  daerah masing-masing
4.      Melalui diskusi kelas peserta didik dapat mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan  intonasi daerah masing-masing


B.      MATERI PEMBELAJARAN

1. Asal-usul bahasa Melayu Riau
2. Perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik- Modern )
3. Contohkan Ucapan Bahasa Melayu Riau
4.  Dialek dan Intonasi  Bahasa Melayu Riau

.
C.    METODE PEMBELAJARAN

  1. Penugasan
  2. Diskusi kelompok
  3. Diskusi kelas
  4. Ceramah
  5. Diskusi informasi

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Pendahuluan (5 Menit )
·         Appersepsi : Mengajukan pertanyaan ” Bahaya apakah yang dipakai oleh oleh masyarakat Riau sebelum ada bahasa persatuan ?”
·         Motivasi 
Bagaimanakah perkembangan bahasa Melayu Riau ?
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

 Kegiatan Inti (60 Menit )

1.      Melalui studi literature diperpustakaan dan diskusi kelompok  peserta didik mengkaji  asal usul bahasa Melayu Riau
2.      Melaui diskusi kelas peserta didik  menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau ( kono-klasik- modern)
3.      Melalui diskusi kelas peserta didik mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek  daerah masing-masing
4.      Melalui diskusi kelas peserta didik mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan  intonasi daerah masing-masing

 Penutup  ( 5 Menit )

·         Pendidik dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi hasil diskusi
·         Memberikan tugas baca untuk materi pada pertemuan berikutnya
 
E.     SUMBER BELAJAR
·         Internet
·         Buku yang relevan diperpustakaan
·          
F.     PENILAIAN ( Terlampir)



Mengetahui :                                                       Pekanbaru, 15  Juli  2010
Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran





(……………………………………)              (……………………………)



NAMA SEKOLAH               :
MATA PELAJARAN            : MUATAN LOKAL
SEMESTER                            : GENAP
KELAS                                   : XI (SEBELAS)
JUMLAH PERTEMUAN      : 4  JAM PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI  :   Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau
KOMPETENSI DASAR       : - Memahami ragam dialek bahasa Melayu Riau

INDIKATOR                        :
·     Menyebutkan ciri khas bahasa Melayu masing-masing kabupaten
·     Membedakan ragam dialek bahasa Melayu Riau

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menyebutkan bahasa Melayu Riau
  2. membedakan dialek bahasa Melayu Riau

G.     MATERI PEMBELAJARAN
·     Ciri-ciri bahasa Melayu Riau
·      Ragam dialek bahasa Melayu Riau

H.    METODE PEMBELAJARAN
·         Diskusi dan Informasi
·         Penugasaan

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Pendahuluan
·         Appersepsi : Mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan bahasa Melayu Riau
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

 Kegiatan Inti
·         Memperkenalkan ciri khas bahasa Melayu Riau
·         Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan ciri khas bahasa Melayu di Riau
·         Masing-masing kelompok peserta didik mempraktikkan ragam bahasa Melayu Riau
·         memberikan informasi sebagai pelengkap dari jawaban pertanyaan yang dikerjakan  oleh peserta didik
Penutup
·         Evaluasi/tanya jawab
 
Pertemuan II

Pendahuluan
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Menjelaskan materi yang akan dipelajari

 Kegiatan Inti
·         Peserta didik memberikan contoh ciri khas bahasa Melayu Riau
·         Masing-masing kelompok peserta didik membedakan ragam bahasa Melayu Riau

Penutup
·         Tanya jawab



H.    SUMBER BELAJAR
·         Internet
I.       PENILAIAN



Mengetahui :                                                        Pekanbaru, 15 juli 2010
Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran



(……………………………………)              (……………………………)








NAMA SEKOLAH               : PEKANBARU
MATA PELAJARAN            : MUATAN LOKAL
SEMESTER                            : GENAP
KELAS                                   : XI (SEBELAS)
JUMLAH PERTEMUAN      : 4  JAM PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI  :  Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau
KOMPETENSI DASAR        : Menerapkan bahasa Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari (berdasarkan daerah setempat

INDIKATOR                        :
  1. Mencontohkan bahasa Melayu Riau
J.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu berbahasa Melayu Riau

K.     MATERI PEMBELAJARAN
  1. berbahasa Melayu Riau

M.   METODE PEMBELAJARAN
·         Diskusi dan Informasi
·         Penugasaan

J.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Pendahuluan
·         Appersepsi : Mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan bahasa Melayu Riau
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

 Kegiatan Inti
·         Secara berkelompok peserta didik mencontohkan bahasa Melayu Riau

Penutup
·         Evaluasi/tanya jawab
 
Pertemuan II

Pendahuluan
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Menjelaskan materi yang akan dipelajari

 Kegiatan Inti
·         Peserta didik mempraktekkan bahasa Melayu Riau

Penutup


K.    SUMBER BELAJAR
·         Buku Teks
L.     PENILAIAN



Mengetahui :                                  Pekanbaru, 15 juli 2010
Kepala Sekolah                              Guru Mata Pelajaran



(……………………)                    (…………………)
  



 S I L A B U S
Nama Sekolah           : SMA/MA/SMK 
Mata Pelajaran          : Muatan Lokal Budaya Melayu Riau
Kelas/program          : XI
Semester                    : 2 (Dua )
Alokasi Waktu           : 2 X 45 Menit

1.      Standar Kompetensi         :     5. Memahami dan Mempraktekan Bahasa Melayu Riau   

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan / Alat
5.1. Memahami perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno / klasik, moderen)


Perkembangan Bahasa Melayu Riau (kuno /klasik-modern)
Tatap Muka :
·     Membaca sejarah bahasa Melayu Riau melalui studi literature diperpustakaan

·     Diskusi kelompok perkembangan  bahasa Melayu  tiap-tiap daerah yang ada di Riau  (kono/klasik,modern)

·     Melalui diskusi kelas menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau(kono /klasik- modern) dan mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi
Menyebutkan asal-usul bahasa Melayu Riau

Menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik- Modern )

Mencontohkan ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi

·     Tes
(uraian dan objektip)
·     Non Tes
(Tugas, Penilaian Kinerja ,Praktik)
2  x 45 menit

Sumber:
Buku yang relevan yang ada diperpustakaan






 TAHAPAN BERPIKIR  BERDASARKAN TAXANOMY  BLOOM

 Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif

Pengetahuan
Pemahaman
Penerapan
Analisis
Sintesis
Penilaian
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Menandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan

Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Membangun
Membiasakan
Mencegah
Menentukan
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Melakukan
Mentabulasi
Memproses
Meramalkan
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Merinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Megkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi

Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan




Kata Kerja Operasional Ranah Afektif

Menerima
Menanggapi
Menilai
Mengelola
Menghayati
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati

Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan


 Kata Kerja Operasional  Ranah Psikomotorik
Menirukan
Memanipulasi
Pengalamiahan
Artikulasi
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengonstruksi
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus

Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjeniskan
Menempel
Menseketsa
Melonggarkan
Menimbang


































6 komentar:

  1. ASLM PAK ARIS BAGI DONG RPP SILABUS BUDAYA MELAYU KLS XI YANG LENGKAP....MAKASI...

    BalasHapus
  2. Iya nich terima kasih sangat membantu saya

    BalasHapus
  3. Maaf pak.. Kasi tau cara download nya...

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Pak...
    Pak Aris, Bagi dong Materi Budaya melayu Riau kelas X semester 2

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Pak...
    Pak Aris, Bagi dong Materi Budaya melayu Riau kelas X semester 2

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Pak...
    Pak Aris, Bagi dong Materi Budaya melayu Riau kelas X semester 2

    BalasHapus