BUDAYA MELAYU RIAU
TINGKAT SMA/SEDERAJAT
Disusun Oleh:
TIM PENYUSUN KURIKULUM
MUATAN LOKAL BUDAYA MELAYU RIAU
Kata pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayahNya, sehingga Provinsi Riau khususnya telah memiliki Pedoman penyelenggaraan pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu sebagaimana yang diamanatkan UU No. 20 Tahun 2003. Yang menjadi acuan dasar oleh setiap penyelenggara dan satuan pendidikan yang antara lain meliputi kriteria minimal berbagai aspek yang terkait dengan penyelengaraan pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal agar dapat meningkatkan pembelajaran yang bermutu.
Berdasarkan Peaturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republiik Indonesia. Standar tersebut meliputi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kepndidikan, Standar Saraana dan Prasarana, Standar Peengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan. Selanjutnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran di setiap tingkat dan jenjang prndidkan dasar dan menengah. Mata Pelajaran Muatan Lokal yang menjadi bagian dari kurikulum perlu dikembangkan agar dapat menjadi kekuatan dalam mengembangkan ciri khas kearifan lokal dan potensi sumber daya daerah khususnya Provinsi Riau.
Kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya dalam penyusunan Standar Isi, Standar kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau ini, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dnas Pendidikan menyampakan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga panduan ini dapat digunakan sebagai acuan guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.
Pekanbaru, 3 Mei 2010
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup
A. Latar Belakang
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 37 menyatakan kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat Muatan Lokal. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyatakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) selain memuat beberapa mata pelajaran, juga terdapat mata pelajaran Muatan Lokal yang wajib diberikan pada semua tingkat satuan pendidikan.
Sesuai dengan Visi dan Misi Riau 2020, yakni Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan Melayu di Asia Tenggara. Dinas Pendidikan Provinsi Riau memandang perlu memasukkan budaya Melayu Riau menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah, terutama pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Muatan lokal budaya Melayu Riau merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas daerah termasuk keunggulan daerah yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Hal ini sangat penting agar budaya Melayu Riau dapat dikenal, dipahami dan dijadikan sebagai karakteristik dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi masyarakat Riau.
Budaya Melayu Riau memiliki bentuk yang beranekaragam, sesuai dengan letak geografis daerah masing-masing. Ruang lingkup yang ada dalam kebudayaan Melayu Riau tersebut mencerminkan watak dan kepribadian kehidupam masyarakat Riau pada umumnya.
Agar dapat menerapkan dan melaksanakan pembelajaran muatan lokal budaya Melayu Riau di sekolah, maka perlu disusun tujuan, ruang lingkup, standar kompetensi dan kompetensi dasar muatan lokal budaya Melayu Riau. Hal ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi guru-guru muatan lokal budaya Melayu Riau untuk menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar (pemetaan standar isi), pengembangan silabus dan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.
B. Tujuan
Mata pelajaran muatan lokal budaya Melayu Riau bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya daerah Riau.
2. Mememiliki bekal kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai Budaya Melayu Riau yang berguna bagi dirinya dan masyarakat pada umumnya.
3. Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan-aturan yang berlaku, serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya daerah Riau.
4. Berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat dan pemerintah daerah Riau .
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran muatan lokal budaya Melayu Riau SMA/MA dan SMK meliputi aspek-aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai berikut:
1. Sejarah peradaban kebudayaan Melayu Riau, asal muasal nama daerah/ kerajaan Melayu Riau, falsafah adap Melayu Riau, nilai-nilai adap Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari, struktur tugas dan fungsi kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau, ragam adat Melayu Riau, anugerah kebudayaan Melayu Riau, perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno/klasik, modern, bahasa Melayu Riau menjadi bahasa resmi negara, ragam dialek bahasa Melayu Riau, bahasa Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari (berdasarkan daerah setempat) dan karya sastra Melayu Riau
2. Ragam seni Melayu Riau, jenis musik Melayu Riau, keragaman musik Melayu Riau, seni tari Melayu Riau, sikap apresiatif terhadap seni tari tradisi, mengekspresikan diri melalui gerak seni tari, keragaman tentang teater Melayu Riau, seni rupa Melayu Riau, keragaman letak daerah arsitektur Melayu Riau, dan keragaman bentuk arsitektur Melayu Riau, peralatan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Melayu Riau, peralatan upacara adat Melayu Riau peralatan transportasi masyarakat Melayu Riau, teknologi peralatan perang ( senjata), bentuk-bentuk pakaian Melayu Riau ,jenis-jenis pakaian Melayu Riau, makna filosofis yang terkandung dalam pakaian Melayu Riau , tatacara mengenakan pakaian Melayu Riau, keragaman mata pencarian masyarakat Riau, tata cara bercocok tanam dalam masyarakat Melayu Riau, tata cara upacara/ritual dalam bercocok tanam di masyarakat Melayu Riau, tradisi nelayan masyrakat Melayu Riau, tata cara berburu dalam masyarakat Melayu Riau, tradisi berdagang dalam masyarakat Melayu Riau.
3. Makanan dan minuman tradisional Melayu Riau daerah setempat
D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar
KELAS X/ SEMESTER 1
No | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1 | Memahami sejarah kebudayaan Melayu Riau dan asal muasal nama daerah / kerajaaan Melayu Riau | 1.1. Memahami sejarah peradapan kebudayaan Melayu Riau 1.2. Mengetahui asal muasal nama daerah / kerajaan Melayu Riau |
Memahami dan menerapkan adab dalam kebudayaan Melayu Riau | 2.1. Memahami philosophy adap Melayu Riau 2.2. Menerapkan nilai-nilai adap Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari | |
3 | Memahami sistem kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau | 3.1. Memahami struktur kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau 3.2. Memahami tugas struktur kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau. 3.3. Memahami fungsi struktur kemasyarakatan dalam kebudayaan Melayu Riau |
4 | Memahami adat Melayu Riau dan anugrah kebudayaannya | 4.1. Memahami ragam adat Melayu Riau 4.2. Mensimulasikan ragam adat Melayu Riau 4.3. Memahami anugerah kebudayaan Melayu Riau |
KELAS X /SEMESTER 2 | ||
5 | Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau . | 5.1. Memahami perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno / klasik, modern) 5.2. Memahami bahasa Melayu Riau menjadi bahasa resmi negara 5.3. Memahami ragam dialek bahasa Melayu Riau 5.4. Menerapkan bahasa Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari (berdasarkan daerah setempat) |
6 | Mengapreasiasi karya sastra Melayu Riau . | 6.1. Menyimak pembacaan karya sastra Melayu Riau 6.2. Memahami karya sastra Melayu Riau 6.3. Menulis karya sastra Melayu Riau 6.4. Mendemontrasikan karya sastra Melayu Riau |
KELAS XI/SEMESTER 1 | ||
7 | Menggali ragam seni Melayu Riau . | 7.1. Mengidentifikasikan seni rupa masyarakat Melayu Riau 7.2. Merancang seni rupa masyarakat Melayu Riau 7.3. Mengidentifikasikan seni pertunjukan masyarakat Melayu Riau 7.4. Merancang dan mengkreasikan seni pertunjukan masyarakat Melayu Riau 7.5. Mendemontrasikan seni pertunjukan masyarakat Melayu Riau |
8 | Memahami peralatan Melayu Riau | 8.1. Mendeskripsikan peralatan mata pencaharian masyarakat Melayu Riau 8.2. Memahami peralatan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Melayu Riau 8.3. Mendeskripsikan peralatan upacara adat Melayu Riau 8.4. Memahami peralatan transportasi masyarakat Melayu Riau 8.5. Mendeskripsikan teknologi peralatan perang ( senjata) |
KELAS XI/ SEMESTER 2 | ||
9 | Memahami pakaian Melayu Riau | 9.1. Memahami bentuk-bentuk pakaian Melayu Riau 9.2. Mengidentifikasi jenis-jenis pakaian Melayu Riau 9.3. Memahami makna filosofis yang terkandung dalam pakaian Melayu Riau 9.4. Memahami tatacara mengenakan pakaian Melayu Riau |
10 | Memahami dan mempraktekkan permainan rakyat Melayu Riau . | 10.1.Memahami permainan rakyat Melayu Riau 10.2.Mempraktekkan permainan rakyat Melayu Riau |
11 | Memahami dan mendemonstrasikan tradisi sistem pencarian masyarakat Melayu Riau. | 11.1. Memahami keragaman mata pencarian masyarakat Riau. 11.2. Memahami tata cara bercocok tanam dalam masyarakat Melayu Riau. 11.3 Mendemonstrasikan tata cara upacara/ritual dalam bercocok tanam di masyarakat Melayu Riau. 11.4. Memahami tradisi nelayan masyrakat Melayu Riau. 11.5. Memahami tata cara berburu dalam masyarakat Melayu Riau. 11.6. Memahami tradisi berdagang dalam masyarakat Melayu Riau. |
KELAS XII/ SEMESTER 1 DAN 2 | ||
12 | Memahami dan mempraktekkan juadah tradisional Melayu Riau . | 12.1. Memahami makanan dan minuman tradisional Melayu Riau daerah setempat 12.2. Mempraktekkan makanan dan minuman tradisional Melayu Riau daerah setempat. 12.3. Menyajikan makanan dan minuman tradisional Melayu Riau setempat |
PEMETAAN STANDAR ISI
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Budaya Melayu Riau
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | THP | Indikator | THP | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | ||
1 | 2 | 3 | |||||||
5. Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau | 5.1. Memahami perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno –klasik-modern) | C2 | Menyebutkan asal-usul bahasa Melayu Riau Menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik - Modern ) Mencontohkan ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi | C1 C2 C2 | Perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno / klasik, modern) | V | 10 Menit 60 Menit 10 Menit |
NAMA SEKOLAH : SMA/MA/SMK.........
MATA PELAJARAN : MUATAN LOKAL BUDAYA MELAYU RIAU
SEMESTER : GENAP
KELAS : XI (SEBELAS)
JUMLAH PERTEMUAN : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 5. Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau
KOMPETENSI DASAR : 5.1. Memahami dan mempraktekan perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno /klasik - modern)
INDIKATOR :
1. Menyebutkan asal-usul bahasa Melayu Riau
2. Menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik- Modern )
3. Mencontohkan ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui studi literature dan diskusi kelompok peserta didik dapat menyebutkan asal usul bahasa Melayu Riau
2. Melaui diskusi kelas peserta didik dapat menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau ( kono/klasik- modern)
3. Melalui diskusi kelas peserta didik dapat mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek daerah masing-masing
4. Melalui diskusi kelas peserta didik dapat mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan intonasi daerah masing-masing
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Asal-usul bahasa Melayu Riau
2. Perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik- Modern )
3. Contohkan Ucapan Bahasa Melayu Riau
4. Dialek dan Intonasi Bahasa Melayu Riau
.
C. METODE PEMBELAJARAN
- Penugasan
- Diskusi kelompok
- Diskusi kelas
- Ceramah
- Diskusi informasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Pendahuluan (5 Menit )
· Appersepsi : Mengajukan pertanyaan ” Bahaya apakah yang dipakai oleh oleh masyarakat Riau sebelum ada bahasa persatuan ?”
· Motivasi
Bagaimanakah perkembangan bahasa Melayu Riau ?
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti (60 Menit )
1. Melalui studi literature diperpustakaan dan diskusi kelompok peserta didik mengkaji asal usul bahasa Melayu Riau
2. Melaui diskusi kelas peserta didik menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau ( kono-klasik- modern)
3. Melalui diskusi kelas peserta didik mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek daerah masing-masing
4. Melalui diskusi kelas peserta didik mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan intonasi daerah masing-masing
Penutup ( 5 Menit )
· Pendidik dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi hasil diskusi
· Memberikan tugas baca untuk materi pada pertemuan berikutnya
E. SUMBER BELAJAR
· Internet
· Buku yang relevan diperpustakaan
·
F. PENILAIAN ( Terlampir)
Mengetahui : Pekanbaru, 15 Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(……………………………………) (……………………………)
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : MUATAN LOKAL
SEMESTER : GENAP
KELAS : XI (SEBELAS)
JUMLAH PERTEMUAN : 4 JAM PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau
KOMPETENSI DASAR : - Memahami ragam dialek bahasa Melayu Riau
INDIKATOR :
· Menyebutkan ciri khas bahasa Melayu masing-masing kabupaten
· Membedakan ragam dialek bahasa Melayu Riau
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Menyebutkan bahasa Melayu Riau
- membedakan dialek bahasa Melayu Riau
G. MATERI PEMBELAJARAN
· Ciri-ciri bahasa Melayu Riau
· Ragam dialek bahasa Melayu Riau
H. METODE PEMBELAJARAN
· Diskusi dan Informasi
· Penugasaan
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Pendahuluan
· Appersepsi : Mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan bahasa Melayu Riau
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Memperkenalkan ciri khas bahasa Melayu Riau
· Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan ciri khas bahasa Melayu di Riau
· Masing-masing kelompok peserta didik mempraktikkan ragam bahasa Melayu Riau
· memberikan informasi sebagai pelengkap dari jawaban pertanyaan yang dikerjakan oleh peserta didik
Penutup
· Evaluasi/tanya jawab
Pertemuan II
Pendahuluan
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
· Menjelaskan materi yang akan dipelajari
Kegiatan Inti
· Peserta didik memberikan contoh ciri khas bahasa Melayu Riau
· Masing-masing kelompok peserta didik membedakan ragam bahasa Melayu Riau
Penutup
· Tanya jawab
H. SUMBER BELAJAR
· Internet
I. PENILAIAN
Mengetahui : Pekanbaru, 15 juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(……………………………………) (……………………………)
NAMA SEKOLAH : PEKANBARU
MATA PELAJARAN : MUATAN LOKAL
SEMESTER : GENAP
KELAS : XI (SEBELAS)
JUMLAH PERTEMUAN : 4 JAM PELAJARAN
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dan Mempraktekan bahasa Melayu Riau
KOMPETENSI DASAR : Menerapkan bahasa Melayu Riau dalam kehidupan sehari-hari (berdasarkan daerah setempat
INDIKATOR :
- Mencontohkan bahasa Melayu Riau
J. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu berbahasa Melayu Riau
K. MATERI PEMBELAJARAN
- berbahasa Melayu Riau
M. METODE PEMBELAJARAN
· Diskusi dan Informasi
· Penugasaan
J. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Pendahuluan
· Appersepsi : Mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan bahasa Melayu Riau
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
· Secara berkelompok peserta didik mencontohkan bahasa Melayu Riau
Penutup
· Evaluasi/tanya jawab
Pertemuan II
Pendahuluan
· Menjelaskan tujuan pembelajaran
· Menjelaskan materi yang akan dipelajari
Kegiatan Inti
· Peserta didik mempraktekkan bahasa Melayu Riau
Penutup
K. SUMBER BELAJAR
· Buku Teks
L. PENILAIAN
Mengetahui : Pekanbaru, 15 juli 2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
(……………………) (…………………)
Nama Sekolah : SMA/MA/SMK
Mata Pelajaran : Muatan Lokal Budaya Melayu Riau
Kelas/program : XI
Semester : 2 (Dua )
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
1. Standar Kompetensi : 5. Memahami dan Mempraktekan Bahasa Melayu Riau
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
5.1. Memahami perkembangan bahasa Melayu Riau (kuno / klasik, moderen) | Perkembangan Bahasa Melayu Riau (kuno /klasik-modern) | Tatap Muka : · Membaca sejarah bahasa Melayu Riau melalui studi literature diperpustakaan · Diskusi kelompok perkembangan bahasa Melayu tiap-tiap daerah yang ada di Riau (kono/klasik,modern) · Melalui diskusi kelas menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau(kono /klasik- modern) dan mempraktekan contoh ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi | Menyebutkan asal-usul bahasa Melayu Riau Menjelaskan perkembangan bahasa Melayu Riau (Kuno/Klasik- Modern ) Mencontohkan ucapan bahasa Melayu Riau sesuai dengan dialek dan intonasi | · Tes (uraian dan objektip) · Non Tes (Tugas, Penilaian Kinerja ,Praktik) | 2 x 45 menit | Sumber: Buku yang relevan yang ada diperpustakaan |
Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif
Pengetahuan | Pemahaman | Penerapan | Analisis | Sintesis | Penilaian |
Mengutip Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Membilang Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukkan Memberi label Memberi indeks Memasangkan Menamai Menandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri Menulis | Memperkirakan Menjelaskan Mengkategorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan | Menugaskan Mengurutkan Menentukan Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Mengklasifikasi Menghitung Membangun Membiasakan Mencegah Menentukan Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan Memproduksi Memproses Mengaitkan Menyusun Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi Memproses Meramalkan | Menganalisis Mengaudit Memecahkan Menegaskan Mendeteksi Mendiagnosis Menyeleksi Merinci Menominasikan Mendiagramkan Megkorelasikan Merasionalkan Menguji Mencerahkan Menjelajah Membagankan Menyimpulkan Menemukan Menelaah Memaksimalkan Memerintahkan Mengedit Mengaitkan Memilih Mengukur Melatih Mentransfer | Mengabstraksi Mengatur Menganimasi Mengumpulkan Mengkategorikan Mengkode Mengombinasikan Menyusun Mengarang Membangun Menanggulangi Menghubungkan Menciptakan Mengkreasikan Mengoreksi Merancang Merencanakan Mendikte Meningkatkan Memperjelas Memfasilitasi Membentuk Merumuskan Menggeneralisasi Menggabungkan Memadukan Membatas Mereparasi Menampilkan Menyiapkan Memproduksi Merangkum Merekonstruksi | Membandingkan Menyimpulkan Menilai Mengarahkan Mengkritik Menimbang Memutuskan Memisahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan Memerinci Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih Memproyeksikan |
Kata Kerja Operasional Ranah Afektif
Menerima | Menanggapi | Menilai | Mengelola | Menghayati |
Memilih Mempertanyakan Mengikuti Memberi Menganut Mematuhi Meminati | Menjawab Membantu Mengajukan Mengompromikan Menyenangi Menyambut Mendukung Menyetujui Menampilkan Melaporkan Memilih Mengatakan Memilah Menolak | Mengasumsikan Meyakini Melengkapi Meyakinkan Memperjelas Memprakarsai Mengimani Mengundang Menggabungkan Mengusulkan Menekankan Menyumbang | Menganut Mengubah Menata Mengklasifikasikan Mengombinasikan Mempertahankan Membangun Membentuk pendapat Memadukan Mengelola Menegosiasi Merembuk | Mengubah perilaku Berakhlak mulia Mempengaruhi Mendengarkan Mengkualifikasi Melayani Menunjukkan Membuktikan Memecahkan |
Kata Kerja Operasional Ranah Psikomotorik
Menirukan | Memanipulasi | Pengalamiahan | Artikulasi |
Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan Melamar Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Membangun Mengubah Membersihkan Memposisikan Mengonstruksi | Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang Memilah Melatih Memperbaiki Mengidentifikasikan Mengisi Menempatkan Membuat Memanipulasi Mereparasi Mencampur | Mengalihkan Menggantikan Memutar Mengirim Memindahkan Mendorong Menarik Memproduksi Mencampur Mengoperasikan Mengemas Membungkus | Mengalihkan Mempertajam Membentuk Memadankan Menggunakan Memulai Menyetir Menjeniskan Menempel Menseketsa Melonggarkan Menimbang |
ASLM PAK ARIS BAGI DONG RPP SILABUS BUDAYA MELAYU KLS XI YANG LENGKAP....MAKASI...
BalasHapusIya nich terima kasih sangat membantu saya
BalasHapusMaaf pak.. Kasi tau cara download nya...
BalasHapusAssalamualaikum Pak...
BalasHapusPak Aris, Bagi dong Materi Budaya melayu Riau kelas X semester 2
Assalamualaikum Pak...
BalasHapusPak Aris, Bagi dong Materi Budaya melayu Riau kelas X semester 2
Assalamualaikum Pak...
BalasHapusPak Aris, Bagi dong Materi Budaya melayu Riau kelas X semester 2