BUDAYA MELAYU RIAU
TINGKAT SD/SEDERAJAT
Disusun Oleh:
TIM PENYUSUN KURIKULUM
MUATAN LOKAL BUDAYA MELAYU RIAU
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI RIAU
2010
Kata pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayahNya, sehingga Provinsi Riau khususnya telah memiliki Pedoman penyelenggaraan pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu sebagaimana yang diamanatkan UU No. 20 Tahun 2003. Yang menjadi acuan dasar oleh setiap penyelenggara dan satuan pendidikan yang antara lain meliputi kriteria minimal berbagai aspek yang terkait dengan penyelengaraan pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal agar dapat meningkatkan pembelajaran yang bermutu.
Berdasarkan Peaturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republiik Indonesia. Standar tersebut meliputi Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kepndidikan, Standar Saraana dan Prasarana, Standar Peengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan. Selanjutnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran di setiap tingkat dan jenjang prndidkan dasar dan menengah. Mata Pelajaran Muatan Lokal yang menjadi bagian dari kurikulum perlu dikembangkan agar dapat menjadi kekuatan dalam mengembangkan ciri khas kearifan lokal dan potensi sumber daya daerah khususnya Provinsi Riau.
Kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya dalam penyusunan Standar Isi, Standar kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau ini, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dnas Pendidikan menyampakan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga panduan ini dapat digunakan sebagai acuan guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.
Pekanbaru, 3 Mei 2010
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Isi
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup
A. Latar Belakang
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 37 menyatakan kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat Muatan Lokal. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyatakan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) selain memuat beberapa mata pelajaran, juga terdapat mata pelajaran Muatan Lokal yang wajib diberikan pada semua tingkat satuan pendidikan.
Salah satu prinsip pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Ini artinya kurikulum hendaknya dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) merupakan salah satu upaya untuk memenuhi tuntutan lingkungan peserta didik sebagaimana dimaksud di atas. Pembelajaran mata pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) menjadi laluan bagi memperluas cakrawala pemikiran para siswa tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK yang berada di Riau tentang ragam bentuk Budaya Melayu Riau yang pada akhirnya diharapkan budaya Melayu Riau menjadi acuan perilaku dalam pergaulan masyarakat yang bermastutin di setiap ceruk kampung dan kota di Provinsi Riau.
Substansi mata pelajaran muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Muatan lokal merupakan bagian dari struktur dan muatan kurikulum yang terdapat pada Standar Isi di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. Keberadaan mata pelajaran muatan lokal merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang tidak terpusat, sebagai upaya agar penyelenggaraan pendidikan di masing-masing daerah lebih meningkat relevansinya terhadap keadaan dan kebutuhan daerah yang bersangkutan. Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan nasional sehingga keberadaan kurikulum muatan lokal mendukung dan melengkapi kurikulum nasional.
Keadaan daerah adalah segala sesuatu yang terdapat didaerah tertentu yang pada dasarnya berkaitan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial ekonomi, dan lingkungan sosial budaya. Kebutuhan daerah adalah hal-hal yang diperlukan oleh masyarakat di suatu daerah, khususnya untuk kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat tersebut, yang disesuaikan dengan arah perkembangan daerah serta potensi daerah yang bersangkutan.
Mempelajari budaya dalam konsep pembelajaran mata pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau ini adalah mengkaji hakikat dari budaya Melayu Riau untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada aspek permainan di tingkat SMA/SMK misalnya, tidaklah mesti mengajar para siswa bermain patuk lele, gasing, dan lain-lainnya. Hal yang perlu diajarkan adalah bagaimana cara membuat dan bermain patuk lele dan gasing yang kemudian diaplikasikan dalam bentuk game patuk lele dan gasing. Sebaliknya pada aspek adab misalnya, adab pergaulan dalam masyarakat Melayu Riau diajarkan dan diterapkan seperti sejatinya.
Selanjutnya, jika selama ini mata pelajaran Tulisan Arab Melayu menjadi satu-satunya primadona pembelajaran muatan lokal pada jenjang pendidikan dasar (SD/MI dan SMP/MTs) di Provinsi Riau, dalam kurikulum ini kedudukannya sama dengan aspek Budaya lainnya. Artinya mata pelajaran Tulisan Arab Melayu terintegrasi di dalam kurikulum muatan lokal Budaya Melayu Riau (BMR).
Khusus untuk tingkat SD/MI, kurikulum muatan lokal Budaya Melayu Riau (BMR) lebih ditekankan kepada penanaman nilai-nilai luhur (adab) yang terkandung dalam Budaya Melayu Riau serta memberikan pengetahuan dasar tentang produk Budaya yang berbentuk hasil sebuah kreatifitas, seperti kesenian, permainan, dan lain-lain. Hal ini dilakukan mengingat minimnya alokasi waktu (hanya 2 jam pelajaran) yang tersedia untuk mata pelajaran muatan lokal di setiap jenjang pendidikan.
B. Tujuan
Merujuk kepada visi Riau “Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Budaya Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2020”, maka tujuan pembelajaran mata pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau adalah sebagai berikut :
1. Memperkenalkan ragam bentuk Budaya Melayu Riau kepada siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK yang ada di Provinsi Riau.
2. Menjadikan Budaya Melayu Riau, khasnya yang berkenaan dengan adab sebagai rujukan perilaku dalam pergaulan di tengah keluarga, masyarakat, dan dunia;
3. Mengeksplorasi ragam Budaya Melayu Riau tertentu dalam bentuk yang lebih kreatif, sehingga Budaya Melayu dapat bergerak dinamis dan inovatif sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Melestarikan Budaya Melayu Riau sebagai salah satu khasanah kekayaan budaya Indonesia .
C. Ruang Lingkup
Bahan kajian mata pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik yang mencakup perkembangan pengetahuan dan cara berpikir, emosional, dan sosial peserta didik. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran diatur sedemikian rupa agar tidak memberatkan peserta didik dan tidak mengganggu penguasaan pada kurikulum nasional. Oleh karena itu dalam pelaksanaan Budaya Melayu Riau dihindarkan adanya pekerjaan rumah (PR).
Selain itu, mengingat keterbatasan waktu dan menyesuaikan dengan usia serta kemampuan peserta didik, ruang lingkup mata pelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) untuk tingkat SD/MI meliputi aspek-aspek budaya sebagai berikut:
1. Adab
2. Kekerabatan
3. Bahasa dan Sastra
4. Adat Istiadat
5. Makanan dan Minuman
6. Kesenian
7. Permainan Rakyat
8. Lingkungan Hidup dan Pariwisata
Kedelapan aspek Budaya tersebut diperkenalkan kepada peserta didik di tingkat SD/MI melalui kajian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang selanjutnya akan dijabarkan dalam indikator-indikator pencapaian hasil belajar.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas/ Semester : I / I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kekerabatan 1. Memahami hubungan kekerabatan dalam keluarga Melayu Riau | 1.1 Mengenal hubungan kekerabatan di antara anggota keluarga inti (ayah, ibu, dan anak) 1.2 Mengenal hubungan kekerabatan di antara anggota keluarga besar (kakek, nenek, pakcik, makcik, dll) |
Kesenian (Seni Suara) 2. Mengekpresikan beberapa lagu daerah Riau | 2.1 Memperkenalkan beberapa lagu daerah Riau 2.2 Menyanyikan lagu daerah Riau yang sederhana (misalnya: Lagu Injit Injit Semut) |
Adab 3. Menampilkan adab dalam keluarga Melayu Riau | 3.1 Menerapkan adab terhadap anggota keluarga (ayah, ibu, anak, kakek, nenek, pakcik, makcik, dll) 3.2 Menerapkan adab keluarga Melayu Riau dalam kegiatan sehari-hari di rumah (makan-minum, berbicara, mandi, dan berpakaian ) |
Kelas/ Semester : I / II
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Permainan Rakyat 4. Mengekpresikan permainan anak-anak dalam masyarakat Melayu Riau | 4.1 Melakukan permainan anak-anak daerah setempat 4.2 Melakukan permainan anak-anak yang tidak meng gunakan alat (injit-injit semut) |
Kesenian (Seni Suara) 5. Mengekpresikan lagu daerah Riau | 5.1 Memperkenalkan beberapa lagu daerah Riau 5.2 Menyanyikan lagu daerah Riau yang sederhana (misalnya: Lagu Tu Bulan Tu Bintang) 5.3 Menyanyikan lagu daerah setempat. |
Kelas/Semester : II/I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Adab 1. Menampilkan adab masyarakat Melayu Riau | 1.1 Menerapkan adab terhadap tetangga dalam pergaulan masyarakat Melayu Riau 1.2 Menerapkan adab terhadap kaum kerabat dalam pergaulan masyarakat Melayu Riau |
Kesenian (Seni Suara) 2. Mengidentifikasi lagu daerah Riau | 2.1 Menyebutkan beberapa lagu daerah Riau 2.2 Menyanyikan lagu daerah Riau yang sederhana (misalnya: lagu Tam Tam Buku) 2.3 Menyanyikan lagu daerah setempat |
Permainan Rakyat 3. Mengekpresikan permainan anak-anak dalam masyarakat Melayu Riau | 3.1 Melakukan permainan anak-anak dalam Budaya Melayu Riau yang tidak menggunakan alat (misalnya: main Tam Tam Buku) 3.2 Melakukan permainan anak-anak daerah setempat |
Kelas/Semester : II/II
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa dan Sastra 4. Memahami tunjuk ajar dalam cerita rakyat Melayu Riau | 4.1 Mengungkapkan nilai-nilai tunjuk ajar dalam dongeng Melayu Riau 4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai tunjuk ajar dalam dongeng Melayu Riau yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari |
Kesenian (Seni Rupa) 5. Mengapresiasi bentuk-bentuk gambar dalam ukiran khas Melayu Riau | 5.1 Mewarnai bermacam bentuk gambar dalam ukiran khas Melayu Riau. 5.2 Menjiplak gambar bunga dan hewan dalam ukiran khas Melayu Riau. |
Kelas/Semester : III/I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Adab 1. Menampilkan adab terhadap lingkungan dalam Budaya Melayu Riau | 1.1 Menerapkan adab terhadap hewan dalam budaya Melayu Riau 1.2 Menerapkan adab terhadap tumbuhan dalam Budaya Melayu Riau 1.3 Menerapkan adab terhadap lingkungan sekitar dalam Budaya Melayu Riau |
Permainan Rakyat 2. Mengekpresikan permainan rakyat Melayu Riau | 2.1 Melakukan permainan anak-anak dalam Budaya Melayu Riau yang tidak menggunakan alat (galah panjang/hadang, dll) 2.2 Melakukan permainan anak-anak dalam Budaya Melayu Riau yang menggunakan alat (lompat tali, cina buta, dll) |
Bahasa dan Sastra 3. Membaca tulisan Arab Melayu Riau | 3.1 Membaca huruf hidup dalam tulisan Arab Melayu Riau 3.2 Membaca kata bersuku dua dalam tulisan Arab Melayu Riau 3.3 Membedakan “e” lemah dan “e” keras dalam tulisan Arab Melayu Riau |
Kelas/Semester : III/II
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa dan Sastra 4. Mengapresiasi pantun dan syair sebagai produk sastra Melayu Riau | 4.1 Membacakan pantun anak (agama, nasihat, atau jenaka) 4.2 Mendendangkan syair sederhana |
Lingkungan Hidup 5. Menerapkan hidup sehat, bersih, dan indah sesuai dengan nilai-nilai Budaya Melayu Riau | 5.1 Menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang sehat, bersih, dan indah sesuai dengan nilai-nilai Budaya Melayu Riau 5.2 Menjelaskan cara-cara memelihara lingkungan agar selalu sehat, bersih, dan indah sesuai dengan nilai-nilai Budaya Melayu Riau |
Kelas/Semester : IV/I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Makanan dan Minuman 1. Mengidentifikasi masakan khas Melayu Riau | 1.1 Menyebutkan jenis masakan khas daerah setempat 1.2 Menyebutkan beberapa jenis makanan khas Melayu Riau 1.3 Menyebutkan beberapa jenis minuman khas Melayu Riau 1.4 Menyebutkan beberapa jenis penganan khas Melayu Riau |
Adat Istiadat 2. Memahami ragam tradisi Melayu yang berkenaan dengan syariat Islam | 2.1 Mengidentifikasi tradisi Melayu yang berkenaan dengan syariat Islam 2.2 Menceritakan tentang aqikah, turun mandi, dan bercukur rambut dalam tradisi Melayu |
Bahasa dan Sastra 3. Menulis kata dasar dalam berbagai bunyi vokal pada tulisan Arab Melayu | 3.1 Menulis kata dasar dengan bunyi vocal ganda (misalnya : ua, aa, ae, dan ea) dalam tulisan Arab Melayu 3.2 Menulis kata dasar pada kalimat sederhana dalam tulisan Arab Melayu |
Kelas/Semester : IV/II
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa dan Sastra 4. Memahami kata bersuku kata dua dalam berbagai bentuk pada Tulisan Arab Melayu | 4.1 Membaca dan menulis kata bersuku kata dua dalam berbagai bunyi vokal pada Tulisan Arab Melayu 4.2 Membaca dan menulis kata bersuku kata dua yang berbunyi lemah dan keras dalam berbagai bunyi vokal |
Kesenian (Seni Suara dan Seni Tari) 5. Memahami berbagai jenis kreasi seni Melayu Riau | 5.1 Menyanyikan lagu joged melayu (misalnya: Tanjung Katung, Serampang Dua Belas, Pucuk Pisang, dll) 5.2 Menarikan tari joged Melayu Riau (misalnya: Tanjung Katung, Serampung Dua Belas, Pucuk Pisang, dll) |
Kelas/Semester : V/I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa dan Sastra 1. Menulis kalimat dengan tulisan Arab Melayu | 1.1 Menyusun suku kata menjadi kata dalam tulisan Arab Melayu 1.2.Menyusun kata menjadi kalimat dalam tulisan Arab Melayu Riau |
Makanan dan Minuman 2. Mengidentifikasi ragam penganan khas masyarakat Melayu Riau | 2.1 Menyebutkan ragam penganan khas Melayu Riau 2.2 Menjelaskan cara-cara membuat penganan khas Melayu Riau (keripik pisang, keripik ubi, lempuk, wajik bingka, sari kaya, dll) 2.3 Membuat penganan khas Melayu Riau |
Kesenian (Seni Musik) 3. Mengetahui berbagai kreasi seni dalam Budaya Melayu Riau | 3.1 Memperkenalkan alat musik pukul dalam masyarakat Melayu Riau (rebana, kompang, dll) 3.2 Menjelaskan macam-macam tari magis dalam tradisi Melayu Riau (lukah gilo, rentak bulian, ambung gilo, dll) 3.3 Memperagakan alat musik daerah setempat |
Kelas/Semester : V/II
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Adat Istiadat 4. Mengetahui rumah dan pakaian adat Melayu Riau | 4.1 Mengidentifikasi ciri khas bentuk rumah adat Riau 4.2 Mengidentifikasi ciri khas pakaian adapt Riau |
Bahasa dan Sastra 5. Mengidentifikasi diftong dan huruf saksi | 5.1 Menyebutkan diftong pada tulisan Arab Melayu 5.2 Menulis dan membaca huruf saksi pada tulisan Arab Melayu |
Kelas/Semester : VI/I
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa dan Sastra 1. Membedakan kata dasar pengecualian, kata berimbuhan, kata depan, kata ganti, dan partikel dalam tulisan Arab Melayu | 1.1 Menulis kata dasar pengecualian dalam tulisan Arab Melayu 1.2 Menulis kata berimbuhan dalam tulisan Arab Melayu 1.3 Menulis kata depan dalam tulisan Arab Melayu 1.4 Menulis kata ganti dalam tulisan Arab Melayu 1.5 Menulis partikel dalam tulisan Arab Melayu |
Permainan 2. Mengetahui jenis-jenis permainan masyarakat Melayu Riau | 2.1 Membuat berbagai jenis mainan tradisi Melayu Riau (rago tinggi/engrang, dll) 2.2 Memainkan berbagai jenis permaiann tradisi Melayu Riau (rago tinggi, dll) |
Makanan dan Peralatan Tradisional 3. Mengidentifikasi ragam makanan dan peralatan tradisional yang ada dalam masyarakat Melayu Riau | 3.1 Menjelaskan cara-cara membuat penganan khas Melayu Riau (roti jala, roti canay, dll) 3.2 Menyebutkan ragam peralatan pertanian dalam masyarakat Melayu Riau (beliung, perjang, tuai, dll) |
Kelas/Semester : VI/II
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Kesenian (Seni Pertunjukan) 4. Mengenal berbagai jenis seni pertunjukan dalam masyarakat Melayu Riau | 4.1 Menyebutkan jenis-jenis kreasi seni pertunjukan dalam Budaya Melayu Riau 4.2 Menjelaskan seni pertunjukan (misalnya: bokoba, mahyong, drama bangsawan, dll) |
Bahasa dan Sastra 5. Memahami bacaan dalam berbagai bentuk karya sastra Melayu dalam tulisan Arab Melayu | 5.1 Membaca dongeng Melayu Riau dalam tulisan Arab Melayu 5.2 Membaca cerita rakyat Melayu Riau dalam tulisan Arab Melayu 5.3 Menulis pantun/syair, pepatah/peribahasa, gurindam, dan tunjuk ajar Melayu Riau dalam tulisan Arab Melayu |
Contoh
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
SATUAN PENDIDIKAN : SD/MI
MATA PELAJARAN : Muatan Lokal Budaya Melayu Riau
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | TAHAPAN BERPIKIR | INDIKATOR | TAHAPAN BERPIKIR | Materi pokok | Ruang Lingkup | Alokasi waktu | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | |||||||
1. Memahami hubungan kekerabatan dalam keluarga Melayu Riau | 1.1 Mengenal hubungan kekerabatan di antara anggota keluarga inti (ayah, ibu, dan anak) | C1 | 1.1.1 Menyebutkan nama sapaan anggota keluarga inti ( orang tua,kakak dan adik ) 1.1.2 Menyebutkan macam-macam nama sapaan khas terhadap anggota keluarga (orangtua, kakak, dan adik ) | C1 C1 | Mengenal keluarga inti | V | 2x35 menit | |||||||
Contoh
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN : SD
MATA PELAJARAN : BUDAYA MELAYU
KELAS / SEMESTER : I / I
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT
1. STANDAR KOMPETENSI: 1. Memahami hubungan kekerabatan dalam keluarga Melayu Riau
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER/BAHAN /ALAT |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.1 Mengenal hubungan kekerabatan di antara anggota keluarga inti (ayah, ibu, dan anak) | Mengenal keluarga inti | · Menyebutkan nama- nama anggota keluarga inti. · Menyebutkan macam- macam panggilan khas terhadap anggota keluarga inti dalam masyarakat Melayu Riau. · Menuliskan macam –macam nama panggilan khas terhadap anggota keluarga inti. | · Menyebutkan nama sapaan anggota keluarga inti ( orang tua,kakak dan adik ) · Menuliskan macam-macam nama sapaan khas terhadap anggota keluarga ( orangtua, kakak, dan adik ) | Jenis tagihan : · tugas individu Bentuk instrumen : · jawaban singkat · uraian | 2x 35 menit | · Buku-buku yang relevan · Gambar keluarga inti |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas
Nama Sekolah : ……..
Mata Pelajaran : Mulok Budaya Melayu Riau
Kelas/Semester : I/I
Standar Kompetensi : Kekerabatan
1. Memahami hubungan kekerabatan di antara anggota
keluarga inti (ayah, ibu, dan anak)
Kompetensi Dasar : 1.1. Memahami hubungan kekerabatan di antara anggota
keluarga inti (ayah, ibu, dan anak)
Indikator : * Menyebutkan nama sapaan anggota keluarga inti (
orangtua,kakak dan adik )
* Menyebutkan macam-macam nama sapaan khas
Terhadap anggota keluarga (orangtua, kakak, dan adik)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
B. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menyebutkan nama- nama sapaan khas terhadap anggota keluarga inti dalam masyarakat Melayu Riau;
2. Siswa dapat menyebutkan nama- nama sapaan khas terhadap anggota keluarga inti dalam masyarakat Melayu Riau.
C. Materi Pembelajaran : Mengenal keluarga inti (ayah, ibu, dan anak)
D. Metode Pembelajaran
· tanya jawab
· penugasan
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah- Langkah Kegiatan Pembelajaran
· Kegiatan awal
a. Kegiatan rutin di kelas : menyiapkan kelas, berdoa sebelum belajar, dan mengabsen para siswa
b. Menggali pengetahuan awal siswa mengenai sapaan terhadap anggota keluarga dalam Budaya Melayu Riau
c. Guru menjelaskan komptensi yang akan dicapai
2. Kegiatan inti
a. Siswa menceritakan hubungan kekerabatan yang ada di rumahnya masing-masing;
b. Siswa menyebutkan sapaan yang biasa digunakan dalam keluarganya masing-masing;
c. Siswa membandingkan sapaan dalam keluarga teman-temannya;
d. Siswa diminta menyebutkan sapaan khas terhadap anggota keluarga inti di dalam masyarakat Melayu Riau
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan
b. Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang di bahas tadi ( bahwa kekerabatan keluarga ada yang disebut keluarga inti, yaitu ayah, ibu dan anak- anak)
c. Guru bersama siswa mengucapkan hamdalah, karena telah selesai mempelajari materi tentang kekerabatan keluarga ini pada hari ini
Alat / Sumber
· Gambar keluarga inti (ayah, ibu, dan anak-anak)
· Buku-buku yang relevan
Penilaian
Penilaian dilakukan selama dan sesudah pembelajaran
Instrumen
Pertanyaan lisan
1. Penilaian Proses
Penilaian Afektif
No. | Aspek yang Dinilai | Nilai | |||
SS | S | KS | TS | ||
1. | Mendengarkan penjelasan guru | ||||
2. | Menanggapi pertanyaan guru | ||||
3. | Mengemukakan pendapat | ||||
4. | Menghargai pendapat teman | ||||
5. | Kesantunan berbahasa |
Keterangan : SS = Sangat Serius : 20
S = Serius : 15
KS = Kurang Serius : 10
TS = Tidak Serius : 5
2. Penilaian Hasil
Penilaian kognitif (soal terlampir)
Diketahui oleh: Pekanbaru, …………......2010
Kepala Sekolah, Guru Kelas/Mata Pelajaran,
______________________ _______________________
NIP NIP
TAHAPAN BERPIKIR BERDASARKAN TAXANOMY BLOOM
Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif
Pengetahuan | Pemahaman | Penerapan | Analisis | Sintesis | Penilaian |
Mengutip Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Membilang Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukkan Memberi label Memberi indeks Memasangkan Menamai Menandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri Menulis | Memperkirakan Menjelaskan Mengkategorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan | Menugaskan Mengurutkan Menentukan Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Mengklasifikasi Menghitung Membangun Membiasakan Mencegah Menentukan Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan Memproduksi Memproses Mengaitkan Menyusun Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi Memproses Meramalkan | Menganalisis Mengaudit Memecahkan Menegaskan Mendeteksi Mendiagnosis Menyeleksi Merinci Menominasikan Mendiagramkan Mengkorelasikan Merasionalkan Menguji Mencerahkan Menjelajah Membagankan Menyimpulkan Menemukan Menelaah Memaksimalkan Memerintahkan Mengedit Mengaitkan Memilih Mengukur Melatih Mentransfer | Mengabstraksi Mengatur Menganimasi Mengumpulkan Mengkategorikan Mengkode Mengombinasikan Menyusun Mengarang Membangun Menanggulangi Menghubungkan Menciptakan Mengkreasikan Mengoreksi Merancang Merencanakan Mendikte Meningkatkan Memperjelas Memfasilitasi Membentuk Merumuskan Menggeneralisasi Menggabungkan Memadukan Membatas Mereparasi Menampilkan Menyiapkan Memproduksi Merangkum Merekonstruksi | Membandingkan Menyimpulkan Menilai Mengarahkan Mengkritik Menimbang Memutuskan Memisahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan Memerinci Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih Memproyeksikan |
Kata Kerja Operasional Ranah Afektif
Menerima | Menanggapi | Menilai | Mengelola | Menghayati |
Memilih Mempertanyakan Mengikuti Memberi Menganut Mematuhi Meminati | Menjawab Membantu Mengajukan Mengompromikan Menyenangi Menyambut Mendukung Menyetujui Menampilkan Melaporkan Memilih Mengatakan Memilah Menolak | Mengasumsikan Meyakini Melengkapi Meyakinkan Memperjelas Memprakarsai Mengimani Mengundang Menggabungkan Mengusulkan Menekankan Menyumbang | Menganut Mengubah Menata Mengklasifikasikan Mengombinasikan Mempertahankan Membangun Membentuk pendapat Memadukan Mengelola Menegosiasi Merembuk | Mengubah perilaku Berakhlak mulia Mempengaruhi Mendengarkan Mengkualifikasi Melayani Menunjukkan Membuktikan Memecahkan |
Kata Kerja Operasional Ranah Psikomotorik
Menirukan | Memanipulasi | Pengalamiahan | Artikulasi |
Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan Melamar Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Membangun Mengubah Membersihkan Memposisikan Mengonstruksi | Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang Memilah Melatih Memperbaiki Mengidentifikasikan Mengisi Menempatkan Membuat Memanipulasi Mereparasi Mencampur | Mengalihkan Menggantikan Memutar Mengirim Memindahkan Mendorong Menarik Memproduksi Mencampur Mengoperasikan Mengemas Membungkus | Mengalihkan Mempertajam Membentuk Memadankan Menggunakan Memulai Menyetir Menjeniskan Menempel Menseketsa Melonggarkan Menimbang |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar